Pages

Banner 468 x 60px

 

PROGRAM KEGIATAN

0 komentar

Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Dharma Tanjung Melalui Sosialisasi Nilai Tambah Hasil Laut serta Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan Pindang


Pelaksanaan pelatihan pembuatan nugget bersama warga dharma tanjung, Sampang
(KKN05Tematik/anggota)
Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang memiliki beberapa potensi olahan pangan salah satunya yakni petis dan kerupuk ikan, dikarenakan memang Dharma Tanjung terkenal dengan hasil lautnya yang cukup besar yakni ikan pindang, tongkol dan lain-lain. Akan tetapi masyarakat Dharma Tanjung masih kebingungan dalam menginovasikan atau mengolah produk dari hasil laut selain pembuatan petis dan kerpuk ikan. Anggota KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura berinisiatif untuk mengadakan sosialisasi mengenai nilai tambah hasil laut serta pelatihan pembuatan nugget untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dharma tanjung. 
            Pelatihan pembuatan nugget ikan pindang dilaksanakan pada Minggu (29/07) pukul 09.00 oleh kelompok KKN 05 yang bertempat di Balai Desa Dharma Tanjung Sampang. Sosialisasi dan pelatihan tersebut dihadiri oleh beberapa warga Dharma Tanjung diantaranya Kepala Desa Dan Sekretaris Desa. Warga terlihat sangat antusias pada sosialisasi dan pelatihan ini, hal tersebut ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Salah seorang warga mengatakan “Warga Dharma Tanjung dari dulu ingin sekali bisa membuat nugget, akan tetapi kami disini belum tahu proses cara pembuatannya, jadi dari warga disini membutuhkan bimbingan untuk penbuatan  nugget”. Ada seorang warga yang ingin berpartisipasi dalam sosialisasi dan pelatihan pembuatan nugget ikan pindang akan tetapi tidak bisa mngikuti, warga tersebut sampai meminta dibuatkan catatan mengenai bahan alat sampai cara memasak nugget ikan pindang. Selain itu juga ada warga Dharma Tanjung dari pertama kedatangan KKN 05 mengusulkan untuk KKN 05 ini nantinya mengadakan pelatihan pembuatan nugget dan kebetulan pelatihan pembuatan nugget dari ikan pindang ini memang program kerja utama KKN 05.
           

0 komentar:

Posting Komentar