Pages

Banner 468 x 60px

 

POTENSI DESA

0 komentar

KONDISI EKONOMI DESA DHARMA TANJUNG
Salah satu bagian yang paling penting dan berpengaruh terhadap pembangunan dan pertumbuhan suatu wilayah adalah kondisi ekonomi wilayah tersebut, karena di setiap sumber daya yang memiliki potensi ekonomi dapat dikembangkan ke dalam sentra – sentra produksi yang mampu menunjang peningkatan taraf hidup atau kesejahteraan masyarakat setempat. Kondisi ekonomi masyarakat Desa Dharma Tanjung secara teoritis dapat dijelaskan ke dalam dua bagian yang meliputi :
1.      Mata Pencaharian
Secara umum mata pencaharian masyarakat Desa Dharma Tanjung dapat teridentifikasikan ke dalam beberapa bidang mata pencaharian seperti : nelayan, petani, pegawai, karyawan, pedagang dan pengrajin industri kecil. Sementara itu, mayoritas mata pencaharian masyarakat Desa Dharma Tanjung adalah sebagai petani dan nelayan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi geografis dari Desa Dharma Tanjung yang terbagi menjadi dua bagian yakni wilayah pesisir dan pertanian. Selain itu, didukung dengan adanya data dari Pemerintah Desa Dharma Tanjung bahwa jumlah penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani sebanyak 1339 dan 192 penduduk yang bekerja sebagai nelayan.
2.      Potensi Sumber Daya
Secara umum potensi sumber daya dibedakan menjadi dua yakni sumber daya manusia dan sumber daya alam. Berdasarkan data Pemerintah Desa Dharma Tanjung potensi sumber daya manusia masyarakat Desa Dharma Tanjung terdiri dari 3704 orang laki – laki dan 3763 orang perempuan. Dengan melihat hal ini, dapat diketahui terdapat kondisi menarik dalam struktur penduduk yakni selisih jumlah penduduk laki – laki dan perempuan yang tidak terlalu besar. Sehingga, potensi ini dapat dijadikan sebagai sumber pembangunan apabila mampu terkelola dengan benar. Dari sisi potensi sumber daya alam, wilayah Desa Dharma Tanjung terbagi menjadi dua bagian yakni wilayah pertanian dan perikanan. Di sektor pertanian, komoditas yang cocok terhadap kontur tanah Desa Dharma Tanjung adalah komoditas tembakau, jagung, cabe, umbi – umbian, kacang tanah dan padi sawah. Sementara itu, di sektor perikanan jenis ikan yang sering ditangkap oleh nelayan setempat adalah ikan tongkol, hiu, kakap, tenggiri, pari, belanak dan cumi. Perlu diketahui bahwa sektor perikanan menjadi penunjang ekonomi yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat Desa Dharma Tanjung, hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya jumlah ikan terutama komoditas tongkol  yang diekspor ke daerah lain seperti Banyuwangi, Tuban, Jakarta dan daerah lainnya.
Sementara itu, dalam usaha menunjang perekonomian masyarakat, kegiatan ekonomi masyarakat Desa Dharma Tanjung adalah pendukung utama dalam perkembangan perekonomian masyarakat dan menjadi salah satu usaha dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berikut ini kegiatan ekonomi yang berkembang di Desa Dharma Tanjung yang meliputi :
NO
UNIT USAHA
JUMLAH (Unit  / Orang)
1.
Kelompok Simpan Pinjam
1 Unit
2.
Industri Makanan
1 Unit
3.
Usaha Jasa Pengangkutan
5 Orang
4.
Usaha Jasa dan Perdagangan
123  unit
Sumber : Pemerintah Desa Dharma Tanjung
Berdasarkan data di atas dapat diketahui bahwa, mayoritas kegiatan ekonomi pendukung masyarakat Desa Dharma Tanjung adalah usaha yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan, dimana usaha yang dijalankan tersebut meliputi pasar, kios, swalayan, warung serba ada, toko kelontong, usaha perikanan, industri caroseri, industri perakitan elektronik dan industri pengolahan kayu. Tentunya, diharapkan kegiatan ekonomi yang berada di Desa Dharma Tanjung dapat diperhatikan dan dikelola dengan baik dan maksimal , sehingga mampu memberikan multipliyer effect ekonomi guna meningkatkan pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat Desa Dharma Tanjung itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar